Rabu, 06 Februari 2013

4 waktu di Putrajaya

Seperti biasa sebelum berangkat backpacking saya googling informasi dulu mengenai tempat-tempat tujuan yang akan saya kunjungi, tiba-tiba saya naksir dengan Putrajaya yang notabene adalah pusat pemerintahan negara Malaysia, karena katanya (dari beberapa blog yang saya baca) seperti minimalis timur tengah, ada 2 mesjid bagus nan megah juga disana, baiklah, langsung masuk list pertama saya.

Landing di LCCT saya check wifi dulu sambil ngisi kampung tengah (dibaca: perut) sekalian ngasih kabar ke keluarga kalau saya sudah sampai di Malaysia dengan selamat, plus check in di facebook, kali aja ada teman lain yang juga disana kan bisa nebeng ahaha..

Selesai makan, saya nyari counter bus untuk ke Putrajaya yang ada di depan pintu keberangkatan domestic. Ada beberapa cara untuk mencapai Putrajaya dari LCCT, salah satunya dengan menggunakan KLIA Express. Dari LCCT kita dikasih 2 tiket, 1 untuk bus LCCT ke station Salak Tinggi, lalu kita akan diturunkan di depan pintu masuk station Salak Tinggi untuk ditransfer menggunakan KLIA express (kereta cepat) ke station Putrajaya (next station dari Salak Tinggi) menggunakan tiket yang satunya lagi. Harga tiketnya 5.5 RM untuk keduanya, jadi sampai di station Salak Tinggi kita langsung nunggu kereta aja gak perlu ngantri beli tiket lagi.

Bus LCCT-Salak Tinggi
Station Salak Tinggi
Penampakan di dalam KLIA Express
Akhirnya kereta datang, langsung adem pas masuk, mana ada wifi gratis juga aseek. Tapi berhubung perjalanannya dekat aja jadi gak sempat ngapa2in juga, Putrajaya adalah station berikutnya dari station Salak Tinggi jadi paling sekitar 5 menit sudah sampai.

Finally, Putrajaya

Oke finally touchdown in Putrajaya woohooo, dari petunjuk yang saya baca terminal bus ada di lantai dasar jadi tinggal ngikutin petunjuk arah yang ada aja. Inilah hebatnya Malaysia menurut saya infrastruktur yang dibutuhkan turis cukup lengkap dan nyaman semoga di negri saya segera. Setelah ketemu terminal disini saya mulai bingung mau pilih bus yang mana untuk tujuan ke Masjid Putra (tujuan utama saya), terminalnya sepi, rapi, diluar bayangan saya yang terbiasa melihat terminal bus kebanyakan di Indonesia yang terkesan "horor", biar aman saya nanya petugas keamanan terminal aja, baiklah ternyata bus no. 300. *note: bus berangkat tiap 20 menit sekali, jadi selamat menunggu, tapi on time kok :)

Terminal Bus Putrajaya, dilengkapi monitor jam kedatangan dan keberangkatan juga seperti di bandara, keren :)
gak ada platform 9,5 yah.. hehe ke hogward dong ntar..
inilah angkot yang melewati halte Masjid Putra :)
Baiklah, setelah menunggu kira2 10 menit, akhirnya pintu bus terbuka dan penumpang dipersilahkan masuk lalu kitapun berangkat, penumpangnya cuma dua orang saya dan ada satu lagi cik puan :D tarifnya 1,5 RM. Supirnya baik dan ramah, saya minta diturunkan di halte Masjid Putra, beliau selama perjalanan ngobroool aja, kalau gak sama saya atau sama cik puan satu lagi, dan dia beberapa kali meyakinkan apakah benar saya traveling sendirian..?? hehe (gak dosa kan jalan sendiri..?) dan ada beberapa topik yang membuat kita tertawa ngakak (maaf topiknya agak rasis gak usah dibahas).

Di perjalanan penumpang yang kebanyakan naik cuma para pelajar setingkat SD dan SMP, beberapa karyawan dan sedikit umum, lagi-lagi saya cemburu dengan keadaan ini. Awalnya saya memperkirakan isi busnya akan kurang lebih sama dengan busway di Jakarta yang bakal penuh sesak ternyata disini gak begitu. Juga terlihat tingkat keamanan yang baik, anak2 SD yang masih kecil2 tanpa takut naik bus tanpa di dampingi orang tua mereka, kalau mau dibandingkan lagi di Jakarta atau kota besar di kita udah jarang orang tua yang berani melepaskan anak mereka sendirian naik bus pulang pergi sekolah.

Kompleks Putrajaya ini sepertinya tidak terlalu luas, setelah perjalanan beberapa menit saya sudah melihat kubah Mesjid Putra, tapi menjelang haltenya lama sekali, jalannya mutar2 dulu, dan ternyata dari haltenya itu ke Masjid cukup jauh jalan kaki tambah lagi waktu itu lagi panas2nya, yaudah asikin aja, untung jalan menuju kesana melewati taman jadi asik aja. Menjelang Masjid Putra kita akan melewati bangunan khas Putrajaya yaitu gedung parlemen mereka yang berbentuk masjid, bahkan teman saya yang nyusul belakangan mengira bangunan inilah yang Masjid Putra.

Jalan dari Halte menuju mesjid akan melalui taman cantik ini

Gedung Parlemen Malaysia
Saya juga janjian dengan teman yang berangkat dari Pekanbaru, kita ketemunya di Masjid Putra, mereka sudah saya kasih petunjuk dari bandara LCCT seperti yang saya lalui tadi. Di masjid putra saya dapat teman baru namanya Akmal, dia bekerja sebagai pemandu untuk turis, nah mumpung Akmal bakalan stay terus di gerbang mesjid jadi saya nitipin ransel plus numpang recharge HaPe sekalian liatin teman saya kalau dia datang dan saya masih makan suruh nyusul aja ke food court, ke teman saya juga saya pesanin ntar di gerbang cari aja petugas mesjid namanya Akmal.

Selesai makan ternyata 2 orang yang saya tunggu2 masih belum datang, pas liat HP ternyata udah banyak PING!!2 di BBM, mereka katanya udah di depan Masjid Putra dan nanyain gak ada yang namanya Akmal. Saya juga heran mereka sebelah mana? padahal saya nungguin di gerbang. Pas mereka sampai barulah mereka pada heboh salah masuk, dikirain gedung parlemen di atas tadi yang Masjid Putra soalnya pakai kubah kayak masjid, hahaha, untung petugas keamanannya baik trus dikasih tau arah menuju jalan yang benar hahaha, kebayang aja kalau di Jakarta kita nyasar masuk ke gedung MPR buat shalat :D

Balik lagi soal Putrajaya, karna kota ini baru dibangun jadi tertata dengan rapi dan banyak bangunan modern yang artistic yang diinspirasi oleh kebudayaan Islam karna Malaysia adalah negara Islam meskipun penduduk Islamnya kalau gak salah hanya 50%.

Niat awalnya sih saya mau shalar Zuhur di Mesjid Putra ini trus Asar ke Mesjid Sultan Mizan atau lebih dikenal dengan Masjid Besi, tapi karna mau nungguin teman yang udah terlanjur janjian di masjid Putra ini yaudah akhirnya saya melewati 4waktu shalat di Masjid ini aja.

Sepertinya Photo akan bicara lebih baik daripada saya jelaskan panjang lebar, sila dinikmati, kurang lebih itulah perjalanan saya di Putrajaya.

Masjid Putra, Putrajaya, dipotret dari food court
Toilet Masjid Putra
ada pojok buat beli oleh2, dan juga jubah bagi turis yang tidak menutup aurat
Mihrab
batas pengunjung bisa melihat interior Masjid, dibatasi oleh pita merah

4 buku ini disediakan gratis bagi pengunjung yang ingin tau tentang indahnya Islam :)
Pemandangan sebelah kanan Masjid terlihat gedung Parlemen nan megah
Pemandangan sebelah kiri Masjid terlihat Masjid Sultan Mizan dan jembatan yang juga menjadi icon Putrajaya
sunset di esplanade Putrajaya
Sepertinya hampir semua bangunan disini arsitekturnya diinspirasi oleh kebudayaan Islam
beautiful sunset at Putrajaya
Demikianlah kira-kira saya menghabiskan 4 waktu shalat saya di Putrajaya.




4 komentar:

  1. sepertinya seru ya disana..sangat well-organized..spt kota impian..pasti seru bersepeda :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa.. rapii.. aye waktu tu pengen bersepeda pas nemu tempat nitip tas.. mau ke masjid Sultan Mizan atau mesjid besi tu, tapi tetiba hujan.. :(
      ruang terbuka publicnya luas dan nyaman.. sore sampe malam banyak yang picnic.. aye takana ente waktu tu..

      Hapus
  2. suka bacanya... jadi pengen juga solo backpacker :D
    ahh, sayang nya ketika baca tulisan ini, saya selalu membandingkan dengan negaraku yang tercinta ini... Semoga Indonesia menjadi semakin baik...

    uda, foto-fotonya baguss....

    #favorite

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf yah mi.. bukan bermaksud membandingkan juga sih, kita itu bisa lebih hebat dari ini.. karna banyak orang2 hebatah di negri sebesar ini. tapi sayang aja gak banyak yang mendedikasikan dirinya, ditambah dg pemerintah yg sibuk aja saling bertengkar sampe gak sempat lagi ngurusin bangsa

      terima kasih Fahmi Alfian.. yuuk kapan ngajak saya backpackeran..? ke Brunei..?/ yuukk..

      Hapus