Jumat, 18 Maret 2011

Jalan-jalan Jalan eps Colmar Tropicale dan Kembali Pulang

Rasanya baru mejamkan mata tiba2 udah dengar bunyi krasak krusuk, ternyata Haris udah selesai aja mandi, liat keluar juga matahari udah terang banget. Saya benar2 menderita semalaman gak bisa tidur gara2 bunyi music dari cafe2 tetangga yang minta di bom. Udah terlanjur bangun ya udah mandi shalat, kali ini arah kiblatnya bener karna dikasih tau sama penginapannya, sukurlah gak make perasaan lagi.

Selesai beres2, bawa peralatan seperlunya kita langsung meluncur menuju Berjaya Time Square sesuai petunjuk yang kita baca untuk mendapatkan bus menuju tujuan kita untuk hari ini. Udah nyampe di depan mall nya berjaya time square kita malah bingung gak nemu tanda2 ada tempat pemberhentian bus, nanya pak pulisi dia juga bingung gak tau dimana. Celingak-celinguk akhirnya keliatan seperti sebuah pos dan ada tulisan nama2 kota, mencurigakan trus kita tanya deh, bener itu pos pembelian tiket bus tapi buat ke Singapore dan Kedah. Kita tanya tujuan yang kita mau tuju malah diarahin ke Bukit Jalil, berhubung Pudu Raya (terminal Bus sebelumnya) direnovasi jadi untuk sementara direlokasi ke Bukit Jalil, tapi saya dalam hati gak yakin disana.

Ya udah akhirnya nyari lagi, muter2, nanya2 ketemulah salah seorang karyawan Berjaya Hotel, dialah yang ngasih tau kita untuk lapor ke counter kecil dekat reception, fhuuh, akhirnya. Tapi ternyata masalah belum kelar, kita belum punya tiket dan disuruh beli di counternya yang ada di lantai 8. Waktu tinggal 45 menit lagi, dan kita langsung ngacir menuju lantai 8 melalui mall bukan hotelnya dan waktu itu mall nya masih belum beroperasi otomatis lift dan escalator juga masih belom jalan, hmm.. ambil nafas dulu.. yaak.. mari balapan menuju lantai 8, huuh haah huuh haah.. Pagi2 belom sarapan, kurang tidur plus teh jepang less sugar yang pait, lengkap sudah semua itu membuat saya mual, pusing, berasa mau jekpot. Haris masih semangat akhirnya dia duluan lari sampe lantai 8, semangaaat..

Bencana lagi pas nyampe di lantai 8, kita malah gak nemu dimana counternya, muter2 semua toko masih pada tutup gak ada yang buka. Saya pasrah, tanya Haris dia masih terus berusaha nyari, akhirnya kita susuri dari lantai 8 menuju kembali ke Berjaya Hotel tadi, hasilnya nihil. Kita udah telat, bus pertama baru saja jalan, kecewa plus sakit hati juga karna petunjuk yang gak jelas gini. Haris masih belom berenti berjuang, dia nanyain ke pak cik yang ngasih petunjuk nyuruh beli ke lantai 8 tadi, saya udah gak tahan dengan perut akhirnya jekpot di sudut hotel, untungnya gak parah karna perut belum ada isinya pagi itu. Haris nanya saya gimana selanjutnya apa kita masih tetap ke Colmar Tropicale atau nggak soalnya bus berikutnya jam 1. Saya yang udah menderita dengan perut dari tadi jawabnya terserah aja walau sebenarnya penasaran pengen tetap kesana. Untunglah Haris juga masih penasaran, akhirnya diputuskan kita ambil bus yang jam 1 saja.

Menunggu jam 1 kita balik dulu ke penginapan, tapi sebelumnya nyari sarapan dulu, pilihannya kembali ke restoran mamak. Karna ngiler liat makanan Haris sebelumnya sayapun memilih menu yang agak2 mirip yaitu maggy, tapi lagi2 gak sesuai bayangan, enakan indomi kita disini, Haris milih roti canae karna ngiler liat makanan saya sebelumnya, hahaha rumput tetangga memang kelihatan lebih hijau ya..

Selesai makan kita balik ke kamar, saya berusaha nyambung tidur, tapi gagal lagi, rasanya baru sebentar rebahan udah jam 12 aja. Takut telat lagi kita segera meluncur lagi ke Berjaya Hotel. Nyampe disana wajah kita udah dikenali mereka dan langsung diarahkan ke pak cik supirnya, dan lagi2 karna belum punya tiket kita disuruh kembali ke lantai 8 sialan itu untuk beli tiketnya. Yaudah terpaksa deh balik lagi, dan sukurnya kali ini lift dan escalatornya udah jalan, jadi gak perlu olah raga naik tangga. Nyampe lantai 8 keadaan gak jauh berbeda dengan pagi tadi, kita gak nemu counter yang dimaksud, udah muter2 dan nanya2 juga. Akhirnya saya ngajak Haris balik lagi aja ke bawah dan ngasih tau ke petugasnya kalau kita gak nemu dan berharap dibantu sama mereka. Buru2 ke bawah takut telat lagi dan langsung lapor, pak kita gak nemu lagi bla bla bla.. akhirnya si pak cik tadi nelpon si counter, gak tau gimana jadinya, akhirnya kita dibawa aja dulu masuk bus bersama 4 penumpang cewek dan tancap menuju Colmar Tropicale yang ada di Bukit Tinggi, Pahang.
cabin bus menuju Colmar Tropicale

Busnya ada 3 baris bangku, baris pertama 2 orang cewek ngomong pake bahasa cina, baris kedua 2 orang cewek yang satu chinese satu lagi india ngomong pake english, baris ketiga baru kita, ngomongin orang di depan pake bahasa minang biar aman hahaha. Setelah keluar dari pemandangan kota, saya mulai dapat suasana untuk tidur, lumayan dapat beberapa menit menjelang Bukit Tinggi. Keluar dari tol memasuki perbukitan jalannya mulai menanjak dan berkelok tajam, berasa perjalanan di Silaiang Padang Panjang. Saya udah gak bisa tidur lagi, selain jalannya begitu juga pemandangannya cukup bagus untuk dinikmati.


Makin lama jalannya makin menanjak, lalu tiba keliatan padang rumbut yang rapi yang ternyata komplek golf nya Colmar Tropicale, baiklah itu artinya sudah dekat, saya sudah melihat beberapa petunjuk mengarah ke tujuan uatama kita. Di tikungan terakhir tiba2 kelihatanlah bangunan seperti benteng, saya langsung senang bukan kepalang, waaah ini lah dia yang kemaren saya lihat di Internet, bener2 gak sabar untuk segera turun dan lari2 halah.

Selesai merapikan parkir mobil, pak cik supir memberikan arahan kepada 4 penumpang cewe di depan kita, sementara kita diajak ikut beliau untuk menyelesaikan permasalahan tiket kami. Selesai bayar2 dan menerima instruksi mengenai tempat yang bisa dikunjungi dan waktu berkumpul lagi untuk pulang. Saya udah gak sabaran membidikan kamera saya, rasanya kemanapun mengarahkan camera semuanya bagus kyaaaa.. Berhubung karna saya berdua jadilah Haris saya jadikan korban buat dijadikan modelnya. Kita bingung mau kemana duluan, rencananya mau nyari makan dulu, ya udah jalan aja sambil nikmatin keindahan replika kampung Colmar Perancis yang ada di Bukit Tinggi, Pahang ini. Naluri narsis saya memuncak tapi tak tersalurkan, saya gak tega memaksa Haris hahaha..
welcome in Colmar Tropicale
gerbang Colmar Tropicale
the colmar tropicale

persis sama dengan yang di brosur, gak rugi

Kita beruntung bekunjung hari Sabtu karna ada performance Russian Dancer, wuidiiih pemandangan segar, para penari yang cantik nan bohay2, DP sama Jupe mah lewaat.. :D, padahal rencananya mau nyari makan, tapi udah kenyang aja sama pemandangan di depan mata. Selesai pertunjukan bubar semua kembali menikmati bentuk bangunan yang cantik dan unik, tidak lama berselang lalu tiba2 ada pengumuman lagi kalau ada atraksi kedua, baiklah orang2 ngumpul lagi di depan stage menikmati para dancer nan seksi dan bohay.
Bally Dance Performance
Russian Dancer Performance

Kenyang dengan pertunjukan kali ini kita benar keluar dari situ untuk menuju ke Japanese Village, rencananya mau nyari makan disitu aja karna kita kurang berselera melihat menu2 yang ada di Colmar yang western. Shuttle bus menuju tiap tujuan yang ada di Colmar tropicale berjalan sekali 30 menit. Berhubung kita waktu itu cuma one day trip, jadi harus maksimalin waktu yang ada, meskipun belom puas nikmati replika perkampungan Colmar, kita musti ke Japanese Village takut gak keburu. Ntar sambil nunggu jam pulang bisa nikmatin Colmar lagi.

Nyampe di perhentian bus Japanese Village, cek tiket oleh petugas trus kita diarahin ke jalan yang sangat menanjak, jalan kaki tentunya. huuh haah huuh haah lagi, berasa hiking ke pegunungan karna kiri kanan hutan tropis dengan udara sejuk. Setelah berjalan sekitar 1 kilometer, ketemulah dengan tanda bertuliskan huruf jepang dan english yang memberi isyarat kalau ke sebelah kanan itu ke japanese restorant, sedangkan ke sebelah kanan menuju japanese tea house. Karna kita kelaparan ya udah kita mampir ke restorannya dulu. Jujur untuk menu makanannya saya benar2 gak tau sama sekali kecuali egg dan taufu, selebihnya ngawur, Haris pesan egg apa gitu lupa namanya, saya juga ikutan, biasanya pilihan Haris selalu enak hehe. Minumnya dengan mantap saya memilih green tea, udah kebayang dari Indonesia nih mau nyobain minuman yang ini. Kita memilih duduk di teras, menunggu makanan datang kita menikmati suasananya yang nyamaaan banget, udara sejuk dengan taman yang tertata rapi khas jepang juga bangunan yang persis seperti bangunan khas jepang, rasanya tiap detik sangat indah ditambah dengan backsound dari dalam resto yang menambah dramatis. Haris malah pengen suatu saat balik kesana lagi bersama orang2 yang dia cintai.
Japanese Village


Ryo Zan Tei Restorant

Makanan akhirnya datang, waktu pertama lihat saya agak kaget tidak seperti yang dibayangin. Setelah dicoba rasanya cukup enak dan saya berpendapat kalau di kampung saya mungkin ini mirip dengan "cangkuak talua" yaitu telur yang dikocok dan di mix dengan air nasi mendidih lalu dikukus diatas nasi tersebut. Saya sangat suka dengan Jepang, masyarakatnya, budayanya,selalu memberikan inspirasi.

Tersadar waktu semakin mepet kita lanjut lagi ke Japanese tea house, mendaki bukit lagi, melewati sungai dengan taman, batu, ikan koi yang sangat persis seperti di jepang, keren, kalau udah begini pastinya poto2 dulu hehehe. Ketemu bangunan pertama agak sedikit mengecewakan, karna lebih mirip gubuk aja dari luar, serta bagian bawah rumah yang dekat dengan tanah udah sedikit berjamur, mungkin karna kenyataanya memang terletak di daerah tropis. Tapi pas liat interior di dalamnya saya senang, betul2 di setting seperti rumah tradisional jepang. Waktu itu ada pengunjung yang lagi ngikutin upacara minum teh, setelah keluar ternyata si cewek yang se bus dengan kita tadi, udah lengkap dengan baju kimononya, sayang orangnya gak tertarik untuk dekat sama kita, jadi gak bisa ngajak poto.

Sebenarnya saya juga pengen nyobain pake kimono meskipun harus bayar lagi, tapi sayang waktunya udah habis, yaudah untung waktu itu ketemu turis lain yang lagi pake kimono yang ramah dan mau saya jadikan korban kenarsisan saya hehehe. Puas menikmati dan berbodoh-bodoh di Japanese Village kita balik lagi ke Colmar, takut ntar telat ketinggalan bus kan gak lucu. Saya benar2 bahagia turun menuju ke Shuttle bus tak henti2 senyum sumringah, benar2 seperti yang ada dalam bayangan saya waktu dapat informasi tempat ini dari teman sebelum berangkat kemaren, ditambah lagi bisa pergi berpetualang bersama Haris, sebenarnya pengen ada Rika juga. Waktu shuttle bus mau berangkat ada keluarga bule di belakang saya yang ketemu sama keluarga lainnya sepertinya mereka masih saudara atau berteman dan pergi liburan bersama, dan mereka heboh2an, saya jadi terpikir pengen liburan bersama sahabat2 dengan keluarga kecil kita masing2, membiarkan anak2 lari2 dengan bebas, waah menghayal dan mudah2an beneran terwujud, aamiiin..




Kembali lagi di colmar shuttle bus, kita menikmati sisa2 waktu yang ada dengan duduk merumput di sudut gerbang, merhatiin orang2, anak2 yang dibiarkan berlarian sama orang tuanya, sungguh indah serasa berada di buku cerita dongeng. Kita benar2 gak menyesal bisa kesini, dan sangat merekomendasikan, karna nggak terlalu banyak orang yang tau dengan tempat ini jika dibandingkan dengan genting highland, juga tidak begitu banyak turis, jadi kita lebih bisa menikmati.

formasi lengkap impian saya

Kembali pulang ke KL, ada tiga orang cowok chinese di depan kami tiba rusuh saat kita sedang tertidur nanyain kantong, kirain buat apa ternyata temannya mabok mau jekpot, buseeet, baru segitu aja, gimana ntar kalo saya membawa mereka ke kelok 44 Maninjau yah..? Untung akhirnya pak cik supir baik hati dan berhenti di pinggir jalan sehingga si chinese jekpot di luar. Disini juga apes saya, pas turun dari bus kecelemete alias kacamata saya kececer :(, nyadarnya pas udah jauh saat kita muter2 di mall.

Setelah ketemu beberapa item yang kita niat nyari di KL, lanjut kita balik ke penginapan dulu narok barang2 trus keluar lagi, nikmatin malam terakhir sebelum pulang ke Indonesia besok subuhnya. Muter2 gak jelas akhirnya kita balik lagi aja ke penginapan, waktu itu udah jam 12 malam waktu Malaysia, pengunjung cafe2 disekitar penginapan makin rame dan heboh, pengunjungnya juga keliatan dari orang2 yang berkelas, para wanita mengenakan gaun malam nan menggoda, tapi saya sungguh gak nyaman saat melewati area tersebut, gak tau kepuasan apa yang mereka cari disana. Sampai di penginapan lagi, nanggung mau tidur si haris milih ngenet aja sampe kita berangkat menuju bandara pukul 3:30 dini hari, saya berusaha memejamkan mata meskipun tetap gak bisa tidur.

Waktu kita mau pamit, receptionistnya udah siap mau tidur, dia seorang Malaysian yang ramah, heran liat kita check out jam segitu. Selesai bayar tagihan dan pamit, kita keluar mau nyari taxi menuju KL sentral untuk dapatin bus menuju LCCT. di luar sepertinya pseta baru saja usai, orang2 sibuk kesana kemari dengan berbagai ekspresi, saya sempat melihat ada yang mabok, sibuk nyari2 temannya, ada yang udah gak tahan ngajak teman barunya untuk kencan lanjutan. Tiba2 si Haris udah nyetop taxi, dan saya liat supirnya Indian, agak males sih, dan pas nanya tarif santai aja dia bilang RM 50, buset, makin ilfil saya. dibelakangnya ada taxi lagi yang berhenti dan hari minta saya untuk nawar tarifnya, supirnya seorang chinese, dan deal di harga RM 15 saja, cukup murah untuk jam malam saat itu. Di dalam taxi dia sempat kesal juga setelah kita ceritakan tentang taxi yang sebelumnya.

Sampai di KL sentral kita telat selangkah, baru saja bus berangkat, terpaksa nungguin bus berikutnya. Kebetulan saat booking tiket saya sudah beli tiket untuk Sky Bus Kl sentral-LCCT untuk 4 orang, berhubung kakak saya gak jadi pergi saya alihkan aja ke Haris ternyata diterima, sukurlah, lumayan ngirit. Turun bus kita langsung check in dulu, setelah itu baru keluar ke food court nyari minum. Pesawat Haris duluan take off 30 menit dari pesawat saya. Sedeey mikirin petualangan harus berakhir, saya ngabisin waktu dengan online saja nikmatin layanan wifi LCCT gratis selama 2 jam. Di ruang tunggu sudah tercium aura kampung, berisik khas Minang dengan mudah saya tangkap.
kabin airasia

Masuk pesawat sempat2nya digodain sama pramugari pesawat, saya jadi senyum2 aja, aseek dapat bonus lagi hehehe.

Nyampe di Padang selesai urusan Imigrasi, saat ribet isi form custom jinjingan saya yang merupakan titipan Haris buat keluarganya di rumah ketinggalan, saya baru sadar setelah mau naik bus menuju Bukittinggi. Tersadar gitu saya langsung panik trus nyari taxi aja menuju bandara lagi, minta si supir sebalap mungkin. Di jalan saya sangat cemas, khawatir dengan ketidakpercayaan saya terhadap petugas di negeri saya sendiri yang kadang sering memanfaatkan, dan juga membayangkan gimanantar saya ngejelasin ke Haris kalau titipannya hilang, arrrgghh saya stress. Lari2 menuju bagian informasi bandara karna saya liat bagian custom sudah tutup, dan saya diarahkan untuk nanya ke kantor airline yang saya naiki tadi, letaknya di ujung, lari2 lagi, nanya petugasnya dicari2 gak ada, trus ada petugas lain yang tiba2 bilang ciri2 barang jinjingan saya tapi katanya tadi ada petugas custom yang ngaku kalau itu punya dia, saya makin panik, jangan sampai apa yang saya takutkan beneran kejadian. Sipetugas tadi juga tidak senang dengan perlakuan si oknum tadi, akhirnya dia ngater saya menemui si oknum, dan tanpa banyak perjuangan akhirnya jinjingan saya diberikan, fhuuuuh.. lega, tapi saya diingatin lagi sama petugas airline untuk ngecek dulu isinya masih lengkap nggak..? yaudah saya cek lagi, udah lengkap, akhirnya saya pamit makasih sama petugas airline yang udah bantuin.

Pulang ke Bukittinggi benar2 cuapek, di bus saya tepar. Nyampe di rumah Haris ngasih titipan saya lega, berasa banget beratnya amanah. Pulang ke rumah dapat bingkisan lagi dari mama Haris, saya jadi ketawa sendiri pulang dari Malaysia tapi bawa oleh2 sanjai hehehe..

Demikianlah Jalan-jalan yang beneran jalan bersama Haris, cuapek poll, tapi poll juga pengalaman dan makna perjalanan yang saya dapatkan. Mari semangat ngumpulin duit buat jalan2 lagi.. hehehe..

6 komentar:

  1. wahahahhaha..lawak...ada aye...:D ;D ;D

    BalasHapus
  2. psstt.. ntar ketahuan.. hahaha..

    BalasHapus
  3. Bally dance & russian dance performance menarik

    BalasHapus
  4. tiket masuknya ke colmar brp? tiket bus dari KL brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dear nopanngluyur, Colmar ini sebenarnya resort, jadi kalau mau nginap disini yaa kita bayar penginapannya aja gak pake tiket masuk, tapi kalau untuk one day tour aja baru kena charge 55 RM including transport PP, untuk lebih jelas check this out http://www.colmartropicale.com.my/services.php

      terima kasih sudah berkunjung kesini.. salam kenal.. :)

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus