Rabu, 09 Maret 2011

Jalan-jalan Jalan eps Kuala Lumpur

Nyambung dari cerita sebelumnya
Dari dalam train kita lihat di luar sudah banyak gedung2 tinggi dan mall2, kami rasa Kuala Lumpur udah dekat, liat di peta jalur train tinggal 2 station lagi. Kecapean udah membuat kita makin menggila, ngelantur gak karuan hehehe. Pas nyampe di KL Sentral toko2nya udah tutup, baru nyadar kalau waktu itu udah jam 10 malam. Kita langsung melangkah ke station monorail aja untuk menuju Bukit Bintang lokasi rencana kita mencari penginapan.

Saya menikmati sekali waktu di atas monorail malam itu, rasanya terasa indah aja, gak terlalu ramai, dan banyak lampu2, saya sangat suka lihat lampu2. Saya lihat Haris kayaknya juga menikmati apa yang dia rasakan dengan pengalaman barunya di KL. Nyampe di station Bukit Bintang dia celingak celinguk liat keadaan sekitar, dan minta di poto (jarang2 si Haris minta poto), tapi saya malah gak ngasih, bilang nanti aja, kita buru cari penginapan dulu, hehe maap keun.

Akhirnya yaudah muter2in Bukit Bintang deh beberapa putaran sampe akhirnya nemu satu penginapan kelas backpacker yang lumayan bagus tampak luarnya. Pas kita masuk ke dalam ternyata agak mengecewakan karna kamar yang kita tempati listriknya bermasalah, jadi terpaksa pindah ke kamar dorm 4 bed tapi isinya cuma kita aja. Kekecewaan bertambah lagi pas mau mandi, pintu kamar mandinya rusak gak bisa dikunci hufft, ya sudahlah nikmati aja untuk malam ini, paling tidak kita sudah punya tempat untuk beristirahat. Abis mandi saya langsung tepar, si Haris saya lihat masih sempat2nya main PSP. Udah capek tingkat tinggi, biasanya saya malah susah tidur atau nggak ngigau2 kalau udah terlalu capek begini.

Paginya saya kebangun karna denger bunyi krasak krusuk gak taunya si Haris yang udah bangun duluan, saya berhasil tidur kebo gak tau diri semalam. Mandi, trus Shalat subuh yang udah gak subuh lagi dengan menghadap kiblat sesuai instinct aja. Tidak ada sarapan pagi jadi terpaksa nyari keluar, pilihannya ke restoran mamak (sebutan orang india muslim di Malaysia) yang ada di perempatan dekat penginapan. Saya jadi teringat kenangan bersama Rika, Thaend, dan Pae di petualangan seru saya sebelumnya ke KL.

Gak tau kenapa kayaknya dipetualangan kali ini, saya bermasalah dengan makanan, pilihan makanan saya sering gak sesuai expectasi, dan rumput tetangga terlihat lebih hijau (dibaca: menjarah makanan si Haris). Selesai makan kita kembali ke penginapan untuk mengambil barang dan sekalian check out. Meskipun kita masih akan stay di KL tapi pengen nyari penginapan yang lain aja. Jadilah kemana2 kita harus menenteng si backpack.
Bukit Bintang

Tujuan pertama hari ini adalah perempatan Bukit Bintang untuk dapatin peta. Saya melihat Haris bener2 nikmatin jadinya saya juga ikut merhatiin orang2 sekitar. Ada seorang bapak dengan anak perempuannya sekitar umur 5 tahun yang lagi sibuk dengan camcordernya membidik semua yang menarik dimata si anak kecil itu dan si bapaknya mengamati dari belakang, keren aja memerhatikan mereka. Setelah dapat peta di Tourism Box, kita lanjut ke KLCC atau petronas atau twin towers iconnya Kuala Lumpur bahkan malaysia. Itulah satu2nya yang pengen dikunjungi Haris. Awalnya saya gak begitu semangat explore KL karna pasti gitu2 aja, tapi supaya gak bosan kali ini saya ajak Haris untuk jalan kaki dari Bukit Bintang ke KLCC. Berbekal peta berbodoh2lah kita sepanjang jalan, poto2 cekakak-cekikik gak jelas.
Selalu gak tahan kalau liat poto yang ini, jadi pengen berpetualang lagi.
Entah apa maksudnya Haris pengen dipoto dengan background ini?
 
this is it..
ke KLCC via Macau hehe..
melewati Honolulu juga hehehe..

Haris sepertinya udah gak sabar ketemu sama si kembar, pas nyampe di TKP langsung hajar bleeh poto2. Kalo saya lebih suka memerhatiin turis lain, maklum jarang2 lihat bule2 cantik, apalagi yang turis timur tengah, facenya enak diliat berjilbab pulak, hmm.. Lanjut saya langsung menuju hotspot untuk moto si kembar. Disini kembali saya teringat petualangan seru sebelumnya, bedanya waktu itu saya make camera DSLR Nikon pinjaman kalo sekarang pake Canon, dan lagi2 minta tolong sama pasangan jepang untuk motoin formasi lengkap. Rasanya dejavu dulu saya juga minta tolong di tempat yang sama dan ke pasangan jepang juga, dan kalo diliat kayaknya mereka sama2 lagi honey moon juga. Lama saya perhatikan si japanesse tadi sampe dia hilang, seru aja ngeliatnya, saya sangat suka dengan senyum orang jepang.
pasangan jepang
the icon
formasi lengkap

Dari hotspot pertama yang ada di bagian depan si kembar sekarang kita masuk ke bagian dalam, disana ada mall dengan brand ternama dunia bertebaran disini, lagi2 ingat bagian "it's about book not Prada" nya si Rika waktu itu. Sebelum lanjut ke bagian belakang kita mampir ke food court, bener2 dehidrasi saya pilih minuman honey lemon plus roti bakar keju, si aris dengan minuman favoritnya kopi atau nescafe. Hmm.. udah lumayan segar sekarang kita turun lagi dan lanjut main ke bagian belakang si kembar, lagi2 nyobain air kran siap minum, anehnya kok para bule2 itu juga penasaran nyobain yah?
honey lemon, roti bakar, nescafe ice
Air kran siap minum

Sambil jalan sambil nikmati suasana asri padahal di tengah2 kota, burung dengan nyamannya tinggal disana tanpa merasa terusik. Kami tanpa sengaja ngebandingin lagi sama negara tercinta kami, maju juga nggak, menjaga alam juga nggak, hmm..

Lagi jalan tiba2 nyadar kalau udah jam 1 waktu disana, hari itu jumat dan kita rencananya mau jumatan di mesjid jameek Kuala Lumpur yang terkenal dengan bangunannya yang udah tua dan artistik, tapi menurut perkiraan kita waktunya udah gak keburu, takut telat ntar nyampe disana. Akhirnya diputuskan untuk shalat jumat di mesjid yang ada di komplek KLCC aja. Yaudah langsung tancap ke mesjid. Waktu kami sampai, jamaah masih belum begitu ramai, kami masih bebas milih tempat duduk paling nyaman. Saya yang pake celana pendek waktu itu harus ribet dulu dengan sarung, selesai wudhu saya kehilangan Haris, gak nemu dia duduk dimana, pas celingak celinguk ternyata paling pinggir, untung aja belom sempat disorakain pake toa mesjid, hehehe.
Mesjid KLCC

Yup udah dapat PW (posisi wuenak), berhubung waktu shalat belum masuk, kita masih boleh ngobrol (bukannya dzikir malah ngobrol yak??) para jamaah yang shalat disini, banyak bule2, kalau diliat dari analisa sotoy saya kebanyakan memang bule timur tengah tapi ada juga bule eropa yang shalat disana. Saya mulai takjub, Islam memang agama untuk seluruh ummat. Dengan cukture mereka masing tapi dengan tujuan yang sama. Ada seorang bule eropa sepertinya saya lihat, dia pakai sapu tangannya untuk diikatkan di kepala, awalnya saya heran trus berkesimpulan, ooh mungkin itu sebagai pengganti peci supaya rambutnya tidak jatuh pada saat sujud, baiklah.

Beberapa saat kemudian terdengarlah panggilan untuk seorang bapak untuk memberikan ceramah, awalnya saya kira itu ceramah jumat, agak aneh juga kok nggak diawali adzan dulu, durasinya lama pula, setengah jam lebih, untung aja isi ceramahnya lumayan menarik dan dibubuhi unsur humor jadi nggak bikin ngantuk setidaknya bagi saya, pas liat haris kayaknya udah tertunduk, mata tertutup tanpa ekspresi (kata pengganti kalo gak mau dibilang kelihatan tidur hehe peace ris..). Pengunjungpun makin lama makin ramai, makin beragam, rasanya mewakili dari etnis seluruh dunia, hampir memenuhi semua ruangan mesjid hingga ke bagian tangga, Bahkan beberapa jamaah yang terlambat dan gak dapat tempat terpaksa shalat di rumput pekarangan mesjid.

Memasuki Khotbah jumat, saya sangat surprise ternyata menggunakan English, wah wah pengalaman pertama saya nih dalam hati. Saya merinding dan dengan seksama mendengarkan khobah jumatnya, ini selain memang harus begitu juga karna englsih saya yang hanya pas2an. Udah didengerin baek2 aja masih susah ngerti apalagi kalau gak didengerin baik2 hehe. Tema khotbahnya waktu itu Maulidur Rasul Muhammad SAW, dan makin merinding waktu dengar Islam rahmatan lil'alamin di tengah2 warga dari seluruh dunia begini. Baru merasakan Islam lebih universal, saya sangat bersyukur dengan pengalaman berharga ini, rasanya tak akan pernah bisa saya lupakan.

Selesai shalat kita terperangah dulu, masih terpana dengan apa yang telah dialami, si Haris bilang ke saya "ternyata dimana2 setiap orang mendoakan umat islam diseluruh dunia yah..??". Setelah agak sepi saya minta poto sama Haris dengan background interior mesjid, haha mulai lagi penyakitnya.
terperangah selesai jumat

Dari mesjid kita nyari makan dulu, balik lagi ke food court, lagi2 saya gambling dengan makanan, dan lagi2 dapat yang kurang enak trus menjarah hahaha. Selesai makan kita rencananya lanjut ke mesjid Jamek sekalian ke Samad Building dan Dataran Merdeka. Saya dengan sotoynya menuju ke MRT ngikutin orang banyak, gak taunya itu jalan ke tempat parkir mobil, gebleek. balik lagi ke atas trus nanya deh jalan mana yang bener hehehe.
menu makan siang

Keluar station ternyata hujan, lari2an sampe nyebrang jalan menuju gerbang mesjid. Berhubung hujan juga kita jadi buru2 masuk pekarangan mesjid biar bisa sekalian berteduh jadi gak sempat baca papan pengumuman yang ditempel di pintung gerbang. Tiba2 saya disorakin kayak maling ayam sama si penjaga mesjid karna waktu itu saya pake celana pendek, diusir keluar, untunglah masih bisa membela diri, "saya punya sarung dan hujan jadi saya buru2" dan disuruh pakai dulu sama si penjaga baru boleh masuk ke dalam, langsung ambil wudhu dan shalat ashar berjamaah, aseeek, terbayarkan perjuangan. Selesai shalat baru saya cari Haris, pas disorakin dia main ngacir aja, gak mau ikutan malu hahaha. Lagi celingak celinguk nyariin Haris saya sempat jepret2 meskipun cuma pake HP  ngambil gambar interior mesjidnya, itupun diam2 takut disorakin lagi ntar hehe.
Mesjid Jamek Kuala Lumpur
dilarang masuk bagi yang tidak menutup aurat.
no comment

Keluar mesjid saya senyum2 mesem ngebayangin kejadian barusan, untung gak kenal siapa2 juga. Dari sini kita lanjut ke Samad Building yang ada di balik bangunan Mesjid, secara fisik saya lihat bentuk bangunannya sama mungkin ini didirikan pada masa pemerintahan yang sama juga. Setelah itu lanjut berbodoh2 di Dataran Merdeka, tidur2ran kayak gembel gak jelas disini.
kami sebut ini bus jurusan Darmasraya-Dumai (nama kota yang ada di SumBar dan RIAU) hahaha..
Dataran Merdeka
Samad Building

Setelah itu lanjut lagi jalan muter, tujuannya Mesjid Nasional, kalau saya perkirakan dengan pengalaman jalan kaki dari pasar seni ke Mesjid Jamek saat petualangan seru sebelumnya, harusnya kita jalan balik lagi ke arah Mesjid Jamek, tapi peta berkata lain, disana terlihat jalan lain sepertinya lebih dekat. Saya juga jadi penasaran dan akhirnya ngikut apa kata peta. Sampe Mesjid Nasional aman, tapi dari sana menuju pasar seni pusing gak tau lewat mana. Sempat muter2 dulu trus nanya2, ternyata ada jalan pintas melintasin station Pasar Seni, lumayan jauh juga jalan kaki hingga akhirnya ketemu sama Pasar Seni.
Mesjid Nasional
Station Pasar Seni

Disini saya mencar dengan Haris karna saya mau nyari satu barang, dan Haris mau lihat2 dulu. Sampai di TKP ternyata barang yang saya cari gak ada dan tiba2 perut saya berulah, mual serasa mau muntah, jadinya saya menuju keluar bangunan takut jekpot di dalam, kan gak lucu ntar. Saya duduk aja di batu dekat parkiran sambil merhatiin ke arah dalam kali aja si Haris lewat, terpaksa gitu SMS udah gak bisa. Lumayan agak lama barulah Haris muncul, dan saya langsung tarik trus ngajak ke tujuan berikutnya aja atau bahkan nyari penginapan aja langsung. Jalan, jalan, akhirnya nyampe juga di Petaling Street, tempat banyak jual barang2 bermerk tapi tiruan. Cuma lewat aja kita disini, trus lanjut menuju Pudu Raya yang sekarang lagi di renovasi. Disini saya minta Haris duduk dulu sebentar, udah gak tahan dengan perut saya yang berasa mau muntah. Rencananya kita mau naik bas (bus) aja ke Bukit Bintang, tapi ternyata ribet juga, yaudah jalan kaki aja.

Saya tanpa ngomong ngajak Haris ngelewatin jalan pintas dari Pudu ke Bukit Bintang, dia ragu malah liat peta dulu, saya sebenarnya mau ketawa tapi udah gak kuat, mana ada jalan pintas gini di peta? hehehe (sekarang aja ketawanya). Tantangan baru dimulai lagi yaitu nyari penginapan, susah2 gampang ternyata nyari penginapan. Gak nemu penginapan baru yang lebih oke akhirnya saya bawa ke penginapan tempat dulu saya menginap.

Oya sebelum tidur kita keluar lagi nyari makan sama menikmati suasana malam di Bukit Bintang, karna kan malam sebelumnya saya gak jadi motoin Haris. Ternyata waktu itu lagi ada street performance, anak2 percussion lagi unjuk gigi, lumayan dapat hiburan gratis, seru2an bareng bule2 lainnya. Disana juga masih sempat saya lihat manusia patung yang masih saja eksis, trus ada lagi seorang wanita yang yang mengalami cacat pada kakinya tapi tetap berusaha untuk berkarya masih juga eksis disana dengan tulisan PHOTO yang dipalang di depannya. Masih sama suasananya dengan kunjungan saya sebelumnya, hanya saja sekarang kayaknya agak lebih sepi, mungkin sebelumnya saya berkunjung pada saat lagi ada pertandingan Formula 1. Kembali ke penginapan dengan beberapa bekal makanan, salah satunya teh jepang yang setelah saya perhatikan gak ada tulisan halal nya tapi tetap pengen beli, setelah diminum ternyata paiiit wuek..
percussion street performance Bukit Bintang

Syukurlah ternyata si Haris malah lebih ngerasa nyaman di penginapan yang ini, kita juga dikasih harga khusus. Kalau sebelumnya saya dikasih kamar di lantai 4, sekarang di lantai 3. Tapi itulah bencananya buat saya, penginapan tersebut berada dikawasan malam Bukit Bintang, makin malam makin ramai orang2 berpesta dengan dentuman music yang kuenceng, jadinya saya gak bisa tidur :(. Udah kasak kusuk kesana kemari masih juga gak bisa tidur, Iri aja waktu liat si haris dengan nyenyaknya tidur, berasa mau saya gangguin aja, untunglah setan usilnya lagi gak kumat, akhirnya saya ke roof top nikmatin lampu2, gak seru juga sendiri akhirnya saya balik lagi ke kamar maksain tidur.

udah dulu ya.. besok sambung lagi cerita selanjutnya..

12 komentar:

  1. kali ini potonya lebih bagus, terutma yg gadang tu ha..tp, bbrpa scene poto aris, aye merasa melihat diri sendiri, poto di depan map dan minung air kran..hahaha :D

    BalasHapus
  2. hehehe.. sudah baca yaa..??
    poto yang gadang mana..?? honolulu..?? hehehe..
    iya baiklah saya akui kalau saya berharap ada ente disana waktu itu.. pasti lebih berbodoh2..

    anyway potonya aja di komen cik gu..? ceritanya bijimana..?? tak ebat..??

    BalasHapus
  3. ceritanya belom baca, td liat sekilas, aye translate dulu ya..!#$@$#@#@$#!@#!!!!..*bencipolitik!

    BalasHapus
  4. tulisan ente spt biasa mengalir, spt bercerita kepada orang atau lewat diary :) wanita cacat yg ente mksd itu, yg bikin kerajinan dari kawat itu? kalo aye ga salah dia bilang "No Photo" (-,-)
    kenapa tidak ada si tatamon? hahaha

    BalasHapus
  5. heeh..?? kayak diary yah..?? hmm.. jadi gimana seharusnya cik gu..??
    kalo aye gak salah gambar camera yang di palang.. ntar aye revisi yg bagian itu..
    hahaha si tatamon.. postingan selanjutnya lah..

    BalasHapus
  6. bukan bagaimana seharusnya, ga papa kok, bagus, semua org kan punya style nulis sediri :D
    tapi, rasanya kurang "meledak-ledak" ya petualangannya, mungkin karena aris kalem :D *pujian

    BalasHapus
  7. siaapp.. laksanakan..
    hahaha.. iya yah..?? mungkin karna kurang sentuhan wanita.. hahahaha..
    Aris kalem..?? hmm.. gak yakin..

    BalasHapus
  8. ehh aye sengaja nyimpan beberapa poto diatas tu supaya agak surprise.. yang macau, honolulu sama darmasraya-dumai tu galak lah ha.. kan lawak aye tu..?? hahaha maksa..

    BalasHapus