Selasa, 27 Juli 2010

Karir Pertama Traveling Nekad (not Naked Traveler by Trinity)

Sejuta Bangku Gratis

Sepulang dari Wushu Semarang Open dan dilanjutkan lagi dengan PORPROF (Pekan Olah Raga Profinsi) selain banyak membawa pulang pengalaman juga membuat kantong saya jadi berisi, bonusnya lumayan hehehe. Setelah menyelesaikan semua itu baru saya fokuskan untuk kembali menyelesaikan tugas akhir kuliah, Februari 2007 sidang penentuan kelulusan saya Alhamdulillah terlewati dengan baik. Setelah itu tinggal nunggu wisudaan aja 2 bulan lagi, April 2007.


Menghabiskan waktu menjelang wisuda saya sering ngenet, sambil nyari informasi lowongan kerja (persiapan buat memikul status setelah wisuda denkkk..) akhirnya saya ketemu dengan Airasia.com. Maksudnya bukan keterima kerja di Airasia, tapi kemakan promosi”Sejuta bangku gratis”nya, waktu itu maskapai ini masih baru. Setelah nyari pasukan buat ikut join, akhirnya dipesanlah tiket gratis Padang-J
akarta pergi pulang yang hanya bayar 200 ribu doang untuk 10 orang termasuk Bokap (tapi bokap gak ikut traveling nekad ini, beliau cuma bareng ke Jakarta aja, abis tu kita misah). Route yang direncanakan: Padang-Bogor-Bandung-Jakarta-pulang.

Pesan tiketnya bu
lan Februari tapi berangkatnya bulan Mey, namanya juga tiket promo, ya sudahlah yang penting dapat murah sekalian nabung dulu. Saya kebetulan juga pas selesai acara wisuda. Seminggu menjelang hari H, ternyata cuma 6 orang yang confirm jadi pergi termasuk Bokap. Jadi yg ikut traveling nekad cuma berlima. Saya, Taen, Farid, Yori, dan Roli, malah Roli sempat dilema karna harus milih ikut final pertandingan bola antar fakultas dihari yang sama dengan hari keberangkatan kita. Untunglah pesawat kita delay, jadi Roli boleh mindahin jadual berangkatnya sehari berikutnya tanpa kena fee. Siiplah kalau begitu..

Berangkat..


Kita berempat plus Bokap,
tanpa Roli berangkat kamis pagi. Semua exciting sekali kecuali Bokap yang biasa aja ekspresinya. Saya maklum karna bagi mereka ini kali pertama naik pesawat dan juga keluar dari pulau jawa, tambah lagi kita akan mengalami petualangan gila ini. Mereka semua mempercayakan kesaya yang notabene udah 2 kali sebelumnya melakukan perjalanan ke Jakarta bahkan sampe Semarang. Padahal saya hanya modal nekad aja, kan nanti kita bisa nanya-nanya seperti pengalaman ke Semarang kalau kita nyasar nyari polisi aja yang paling aman (tapi saya gak ungkapkan supaya mereka gak khawatir aja hehehe..)

Ini juga kali pertama saya
menaiki maskapai airasia yg terkenal dengan low cost carrier, bagus juga kok. Yori komentarnya sama waktu saya pertama kali naik pesawat dulu “Cuma gini aja..?? bosan ahh” hehe.. emang roler coaster..?? Nyampe Sukarno Hatta kita pisah dengan Bokap saya dan langsung ambil Damri menuju Bogor, mulai dari sinilah petualangan dimulai, karna tujuan yang akan kita tempuh juga kali pertama bagi saya.

Tujuan Pertama Bogor


Rencananya di Bogor kita janjian ketemu dengan Danto (teman kos saya dulu), Dina (sepupu saya), juga Eteknya Yori (lupa namanya). Sepanjang perjalanan kita celingak-celinguk kiri-kanan liatin pemandangan ibu kota, “ooh ini.. ooh itu..” yang biasanya hanya kita liat di tipi hehe ndeso. Sampai di perhentian terakhir bus Damri di depan terminal Baranang Siang Bogor ternyata semua orang yang kita hubungi
sudah menunggu. Kita jadi kebingungan sendiri kemana mau pergi, akhirnya dipilihlah tempat Eteknya Yori aja di belakang kampus IPB Baranang Siang karna dekat dengan pusat kota.

Habis mandi, istirahat sejenak kita langsung keluar lagi menjejal kota Bogor mencari sesuatu yang unik, wisata kuliner atau apalah yang penting seru. Pemandangan baru, menu makannya juga gak seperti yang biasa kita temui di Padang. Pokoknya diasikin aja.


Malam sebelum kita ti
dur Yori selaku mahasiswa keuangan mulai beraksi menghitung pengeluaran dan kita bagi rata, kecuali pengeluaran pribadi. Yang banyak ngeluarin saat jalan, ngumpulin dari yang lain kayak main monopoli deh. Ini salah satu moment paling berkesan bagi saya, juga saya terapkan waktu traveling ke Kuala Lumpur (next note)

Esok paginya kita langsu
ng jalan lagi, pertama kali sarapan dengan bubur ayam, trus lanjut dengan caque. Lalu kita shalat Jumat di mesjid yang ada di Kebon Raya Bogor. Asri rindang dan nyaman, pastinya moment seperti ini gak dilewatin buat poto-poto, tambah lagi kita dapat anggota baru, teman Eteknya Yori menemani kita muter-muter di Bogor biar gak nyasar. Tapi sayang HaPe saya kena virus semua datanya hilang termasuk poto-poto. Setelah jumatan kita langsung jemput Roli yang baru datang.

Roli udah gabung, lanjut kita makan siang di warteg, (pertama kali juga bagi mereka) setelah itu kita diantar menuju bus tujuan Bandung. Perjalanan kita lanjutkan ke Bandung melewati Puncak, sebenarnya jalur ini lebih lama daripada melewati tol, tapi kita sengaja biar bisa liat pemandangan kebun teh di Puncak
yang selama ini kita cuma tau dari tipi aja.

Tujuan Kedua Bandung


Di dalam bus saya sebangku dengan mahasiswi
IPB yang mudik ke Bandung namanya Agnes (masih ingat aja nih.. heheh..) sejenak ngobrolnya seru sehingga menghilangkan kekhawatiran saya nanti nyampe Bandung bakal gimana..?? Lewat dari Puncak udah mulai keliatan kota Bandung rasa cemas kembali datang, untunglah ada teman SMA Taen yang kuliah di Bandung bersedia kita repotkan, malah menyediakan tempat manginap di Asrama Mahasiswa Banuhampu yang ada di Dago, baiklah thank you so much Mr nice guy Haris.

Nyampe stasiun Bandung. Kali ini kita mengandalkan Taen, Cuma dia yang tau dengan Haris karna teman dekatnya waktu SMA. ternyata Haris udah menunggu dari tadi. Setelah kenalan kilat kita langsung menuju bus damri. Kali ini sangat jauh berbeda dengan damri yang ada di Padang atau Jakarta, parah. Lagi sempit-sempitan ad
a segerombolan pengamen anak-anak yang membawakan lagu “kamu ketahuan” yang waktu itu masih belum booming, dengan iringan alat music apik aksinya jadi seru banget, saya bahkan diam-diam merekamnya di HaPe.

Sampe penginapan udah malam, selesai bersih-bersih badan dan shalat kita keluar lagi nyari makan. Wisata kuliner tentunya, Taen request kalau bisa yang ada nasinya (Taen sering
bermasalah dengan menu makanan, karna perutnya Padang banget). Pilihan jatuh pada makanan seafood. Kerang, udang dan kepiting saos tiram plus nasi dan minumnya es teh. Kita kaget waktu liat warna tehnya yang bisa dikatakan bening aja. Hampir mau komplain setelah diminum rupanya aroma tehnya kuat, ternyata itu green tea, gebleeek.. Abis itu masih lanjut lagi nyari makan, Haris merekomendasiin Surabi Imut, kita tanpa pikir panjang langsung hayuk aja, apalagi katanya disitu tempat nongkrongnya anak-anak Jakarta kalo lagi main ke Bandung. Siip deh hari itu sukses happy banget. Karna mikir besok bakal lebih seru lagi jadi kita putuskan untuk pulang aja istirahat memulihkan tenaga buat petualangan besok. Dan ritual sebelum tidur “Yori Time” dengan hitung-hitungannya. hayo kali ini siapa yang terima banyak..??

Wisata Belanja di Bandung


Sabtu pagi kita bangun dengan semangat semua karna udah gak sabaran mau berpetualang. Walaupun semalam saya kurang nyenyak tidur karna masih kelaparan, dan ternyata Farid dan Haris juga, yaah kalo tau gitu kan kita keluar lagi tengah malam nyar
i makan. Tapi ya sudahlah dendamnya dibalaskan pagi ini aja, kita kembali sarapan dengan bubur ayam tapi kali ini jauh lebih enak dari yang di Bogor kemaren. Tempatnya juga seru sepanjang pinggir jalan penuh dengan gerobak menjajakan berbagai makanan.

Petualangan hari ini dipandu oleh Haris, kita semua nurut aja. Karna temanya mau shoping
jadi kita diarahkan ke FO (factory outlet) dan juga distro-distro yang kala itu lagi booming. Hampir semua FO kita kunjungi tapi gak banyak yang terbawa, maklum kantongnya mahasiswa banget jadi kita pilih yang paling sesuai aja (budgetnya). Padahal hampir kalap liat banyak baju, jaket dll yang keren-keren. Hari itu kita makan siang di restoran Padang karna kasian taen perutnya jadi bermasalah kebanyakan makan makanan baru.

Malamnya kita ke lapangan gazeboo, banyak mahasiswa yang ngamen tapi gak semata nyari duit aja, tujuan utamanya seru-seruan doang. Jadi te
rpikir kok di Padang gak ada yah..?? Hari itu berakhir di BIP, karna udah kecapean banget akhirnya kita pulang. Di kamar kita sibuk bongkar hasil pencarian dan mengenang keseruan seharian tadi. Dan tak lupa tentunya ritual Yori Time sebelum tidur. Akhirnya kita semua tertidur dengan pulas.

Bangun Minggu pagi gak sesemangat sebelumnya karna masih capek, tapi kita tetap beranjak tuk pergi ke lapangan Gazeboo lagi, kata Haris disana setiap minggu rame ada banyak lapak-lapak yang jualan. Jika beruntung bisa dapatin barang bermutu dengan harga miring. Saya udah gak begitu semangat selain masih ngantuk dan capek, rasanya sama kayak masuk ke pasar lereng Bukittinggi heheh..


Siangnya kita mampir dulu ke kosan Haris sebelum la
njut ke Jakarta. Haris mengantar kami sampe Stasiun KA Bandung. Dua hari seru-seruan (dibaca: menyusahkan) dengan Haris membuat kita jadi akrab. Kita pilih naik KA Parahyangan menuju Gambir karna cuma itu yang tinggal untuk kelas bisnis. Bagi mereka ini pengalaman pertama lagi naik kereta api. Di dalam perjalanan kembali saya khawatir karna nanti gak tau bakal gimana di Jakarta, rencananya kita cari penginapan murah di jalan Jaksa yang katanya daerah para backpacker.

Seru-seruan di Jakarta


Kita sampai maghrib di Gambir untunglah Farid punya family di Jakarta yang mau menjemput. Awalnya kita minta tolong untuk mencarikan penginapan murah aja, tapi ternyata beliau menawarkan untuk menginap di rumahnya aja dulu m
alam ini kalau memang gak nyaman baru cari penginapan. Ternyata sesuai dengan harapan kami, kita bisa numpang nginap dan makan gratis disana hehehe..

Senin, setelah sarapan gratis kita pamit menuju Dufan Ancol dengan arahan singkat dari family Farid gimana cara kesana akhirnya kita berangkat. Pengalaman pertama naik kopaja dan juga bus transjakarta. Kita kepagian, Dufan masih belum buka, tapi badut-badutnya udah mulai beraksi jadi kita asikin aja gangguin para badut.


Yuuk akhirnya masuk, kita bingung mau main wahana yang dulu. Kita pengen yang menantang adrenaline, yang paling awal kita temui Kora-kora dengan kepedean duduk paling belakang, hasilnya.. huhuhu pas turun lutut jadi gemetar tapi masih aja sok tangguh. Tantangan berikutnya kicir-kicir, roller coaster. Saya nyerah udah gak kuat cari wahana yang santai aja, theater simulator, istana boneka, perang bintang. Yang lain masih seru-seruan naik wahana yang menguras adrenaline, saya udah tepar, untung gak jackpot aja tuh.

Seharian di dufan poool serunya, bagi saya wahana paling menyeramkan kora-kora rasanya perut menggantung di udara, sementara yang lain setuju dengan kicir-kicir yang rasanya seluruh badan diobok-obok.


Pulang dari sana kita mampir dulu ke Mangga Dua. Rencananya masih mau shoping, kali aja nemu barang bagus dan tentunya dengan harga murah. Waktu itu kita gak tau kalau tempat belanja murah itu ternyata di belakangnya.


Capek dan udah maghrib juga, kita balik ke rumah aja, rehat sebentar. Nyampe rumah family Farid pada kaget liatin kita jadi gosong semua hahaha abis sun bathing. Dan ternyata mereka juga udah nyiapin kita makan malam, jadi enak nih.. malah dikasih lagi bonus abis makan kita diajak jalan-jalan asiiik... kita merasa beruntung banget. Pulangnya kita langsung beres-beres, biar besok gak repot lagi mau berangkat pulang.


Balik Pulang


Sebelum pulang kita janjian ketemuan dulu ama Uci teman kita yang lagi mudik ke jakarta. Dan untung lagi, Uci bisa sekalian jadi guide kita menuju bandara ditambah lagi sekotak donat, jadi enak lagi.. sebelum perpisahan kita poto-poto dulu ama teman Uci juga namanya Diana.


Capek tapi puas perasaan yang kita bawa pulang. Setelah ketemu lagi dengan Bokap kita masuk ruang tunggu bandara dan pulang lagi ke Padang.


Banyak dapat pengalaman seru juga teman baru. Duit habis rasanya gak rugi dibandingin dengan pengalamannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar